Review dan Panduan Modifikasi Sades Kunai SK-868

Saya mendapat review unit terbaru dari Sades, mechanical keyboard 68 keys dengan 3 koneksi, SADES KUNAI. Saya bebas untuk modifikasi dan menulis tentang mechanical keyboard yang mulai dijual tanggal 8 Desember 2021 dengan harga retail Rp 790.000

Di dalam dus, ada manual, 2-in-1 keycap switch puller, kabel USB type C, dan keyboard. Saya berharap panduan pengguna ini dibaca, walaupun dalam Bahasa Inggris. Membaca manual akan mengurangi pertanyaan-pertanyaan sederhana yang sering muncul di FB IMKG, seperti:
“Bagaimana cara Print Screen?”
“Bagaimana cara koneksi Bluetooth?”
“Kenapa Ctrl kiri berkedip-kedip?” – indikator baterai lemah atau sedang diisi.

Sades Kunai SK-868 memiliki fitur 3 koneksi, kabel, 2.4G wireless menggunakan dongle, dan Bluetooth. Koneksi Bluetooth mendukung Bluetooth 3.0 dan Bluetooth 5.0, dan bisa set untuk koneksi ke 3 perangkat dengan Fn+Z/X/C. Saya menyukai fitur Bluetooth ini karena bisa dengan mudah memindahkan koneksi ke notebook, tablet dan HP.

Dari segi case, kualitas dan bahan plastiknya biasa-biasa saja. Sayangnya, Sades Kunai ini tidak ada kick-out feet untuk mengubah kemiringan, sedangkan saya merasa keyboard ini terlalu datar. Berbeda dengan keyboard yang terakhir saya review, yaitu Maxfit61. Walaupun tidak ada kick-out feet, tetapi desain case memang lebih miring dan tinggi.

Kiri – Maxfit61, Kanan – Sades Kunai

Apakah ada solusi untuk mengubah kemiringan keyboard ini? Anda bisa menggunakan rubber feet yang lebih tebal atau portable stand untuk notebook.

STABILISER
Stabiliser sudah ada lube bawaan dari pabrik, tetapi lube kurang rata dan unit yang saya dapat cukup rattle.

Saya berusaha modifikasi stabiliser bawaan dengan lubing housing dan stem menggunakan Krytox 205g0 dan wire dengan Permatex, tapi masih ada rattle di sebelah kiri spacebar.

Saya juga menggunakan band aid mod dengan stabiliser bawaan karena masih ada gerakan ketika dipasang di plate, tetapi tetap rattle.

Saya coba mengganti wire dengan wire yang lurus, masih rattle. Saya mengurungkan niat untuk clipping hook dari stem stabiliser, dan akhirnya memilih untuk mengganti stabiliser dengan JWK/Durock Clear.

Kali ini saya menggunakan holee mod menggunakan micropore, lube housing dan wire dengan Krytox 205g0. Sebenarnya untuk JWK/Durock Clear atau Panda yang biasa saya pakai, lubing saja sudah cukup, tetapi saya penasaran mencoba holee mod.

Saya jarang menggunakan holee mod karena memang cukup merepotkan buat saya, mata sudah plus dan jari-jari tangan tidak sestabil dulu.

Bagaimana hasil modifikasi holee mod dengan Krytox 205g0? Rattle GONE!

Untuk penjelasan lebih dalam cara membereskan rattle, silakan ke artikel saya “Solusi Rattle Pada Mechanical Keyboard Stabilizer”

Switch

Sades Kunai memberi 3 pilihan untuk switch, yaitu Gateron Red dan Gateron Yellow untuk linear, dan Gateron Brown untuk tactile.

Saya sangat senang di harga ini, bisa mendapatkan switch Gateron, apalagi ada favorit saya, Gateron Yellow. Saya cukup terkejut ketika saya melepaskan switch dari keyboard karena saya pikir tadinya ini adalah Gateron Yellow KS-9 yang 3 pin (plate mount) karena saya lihat top housing clear dan bottom housing putih, ternyata ini Gateron Yellow dengan 5 pin (PCB mount). Kemungkinan ini adalah cetakan terbaru dari Gateron dan saya tidak tahu kodenya apa.

Ada orang-orang yang bisa menikmati stock switch, tapi saya memilih untuk melumasi switch dengan Krytox 205g0 di bottom housing dan stem, sedangkan per menggunakan metode botol lubing dengan Krytox GPL105. Setelah lubing atau diberi pelumas, switch menjadi super smooth dan suara jauh lebih baik.

Kalau ada yang membaca artikel ini dan masih ingin eksperimen dengan pelumas dan oil aneh-aneh, spray lubing, coba sendiri dan terima konsekuensi sendiri. Jangan ajak-ajak atau mengajari orang lain yang bukan-bukan!

Walaupun mengganti switch atau stabiliser mungkin masih bisa dilindungi garansi, tetapi kalau Anda menggunakan spray lubing, pelumas atau oil yang akhirnya merusak PCB, itu sudah pasti menghanguskan garansi.

Ketika Anda sudah siap untuk modifikasi mechanical keyboard Anda, pastikan Anda sudah siap dengan segala konsekuensi, termasuk hilangnya garansi.

UNIVERSAL HOTSWAP – 3 PIN dan 5 PIN

Sades Kunai menggunakan Gateron hotswap socket dan mendukung switch 3 pin dan 5 pin. Keunggulan menggunakan hotswap socket standar seperti ini adalah jika bermasalah, Anda bisa reparasi dan menggantinya. Ini berbeda dengan beberapa mechanical keyboard yang menggunakan hotswap “jepit seng”.

Lampu untuk RGB lighting juga rata dengan PCB sehingga Anda bebas menggunakan berbagai switch yang tersedia seperti Gateron, Jwick, SP Star, Boba, Durock, JWK, Outemu, Everglide, dst.

Harap diingat bahwa Anda tidak bisa menggunakan optical switch karena beda mekanisme.

CASE FOAM dan PLATE FOAM
Modifikasi ini MENGHANGUSKAN GARANSI

Untuk memasang case foam dan plate foam, Anda perlu melepaskan plate dan PCB dari case.

Ada 6 sekrup yang perlu dibuka dan pastikan berhati-hati ketika memutarnya. Pada unit yang saya dapat, ada stand off yang retak, tetapi masih bisa berfungsi.

Ketika mengangkat plate dan PCB dari case, angkat perlahan dari bagian spacebar, perhatikan bagian USB Port dan baterai. Untuk melepaskan sambungan baterai, tarik pelan-pelan.

Kita bisa melihat kapasitas baterai 2000mA, 3.7V. Kalau Anda berniat ganti casing dan melepaskan baterai dari case Sades Kunai ini, lakukan dengan hati-hati. Saya biasanya menggunakan isopropyl alcohol yang dioleskan ke bagian lem supaya mudah terlepas.

Untuk case foam, saya menggunakan EVA foam dengan ketebalan 2mm. Saya sudah potong sesuai dengan lekukan-lekukan di dalam case. Ingat untuk membuat lubang tombol slider wireless, off, bluetooth. Setelah saya coba memasang kembali plate dan PCB ke case, ternyata bagian bawah itu terlalu tebal untuk EVA foam 2mm, sehingga saya melepas EVA foam di bagian bawah dan menggunakan PE foam 1mm. Bahkan dengan PE foam yang lebih lunak, tombol slider masih agak terpendam dibandingkan tanpa foam sama sekali.

Untuk memasang plate foam, Anda butuh membuka 6 sekrup lagi yang menghubungkan plate dengan PCB.

Berhubung saya belum memilik plate foam khusus untuk Sades Kunai, saya menggunakan plate foam VX6 yang sama-sama 68 key. Posisi-posisi bautnya ada yang berbeda, jadi saya menggunakan single hole punch untuk melubangi plate foam. Anda juga bisa menggunakan gunting atau cutter biasa.

Plate foam ini tebalnya 4mm. Kalau Anda ingin menggunakan PE mod di atas PCB, Anda butuh plate foam yang lebih tipis, mungkin tebal 3mm atau bahkan hanya 2mm saja. Saya tidak menganjurkan PE mod menggunakan lembaran PE foam karena tidak tahu apakah anti-static atau tidak. Ini menghindari PCB mengalami short atau konslet. Jika memang ingin suara menjadi lebih pop dan marbley, harap menggunakan switch pad yang lebih aman, misalnya switch pad hotswap KBDFans.

Saya juga tidak menggunakan Tape Mod, memakai masking tape di belakang PCB. Walaupun efeknya bisa membuat suara lebih bulat, tetapi ada resiko terbakar atau short juga.

KEYCAP

Keycap Sades Kunai ini two-tone biru dan putih, dengan bahan ABS dengan ketebalan sekitar 1.1mm. Keycap tembus RGB dengan profil OEM sehingga aman dari intereference dengan PCB North Facing. Jika ingin mengganti keycap, sebaiknya mencari yang profil OEM, KAT, MT3, ASA atau SA.

Ada 2 solusi untuk menghindari interference dengan PCB yang North Facing:
1. Ganti switch yang long pole – stem masih menonjol, tidak rata dengan housing ketika ditekan sampai habis.
2. Hindari keycap Cherry profile

Keycap MT3 Cyber

Keycap MT3 Cyber dari DROP.

Ketika mencari keycap set, pastikan beli yang cukup lengkap karena ada kebutuhan khusus seperti Shift Kanan ukuran 1.75u, kemudian ALT, CTRL, FN ukuran 1u dan deretan kolom paling kanan dengan tinggi yang sesuai. Kalau Anda menggunakan profil yang rata seperti XDA atau DSA, Anda cukup perhatikan ukurannya saja.

Video dari iPhone tanpa edit
Hanya audio, direkam menggunakan Rode NT-mini. Gateron Yellow KS-9 MT3 Cyber

Anda bisa mendengar perbedaan dari kedua sound test ini? Saya memberikan keduanya supaya Anda tidak terkecoh dengan sound test yang sering dibagikan. Jangan mengejar suara sound test di YouTube karena apa yang terekam dan apa yang kita dengar secara langsung akan berbeda. Manfaatkan sound test dengan bijaksana.

SADES KUNAI DRIVER SOFTWARE

Anda bisa remapping key, membuat kombinasi, makro, dll melalui software yang dinamai SADES KUNAI driver. Pengaturan lighting juga bisa dilakukan melalui driver ini.

Pastikan Anda di Mode Wired dan menggunakan kabel ketika hendak menggunakan fungsi dari software ini.

Saya tidak akan membahas lebih dalam mengenai software karena bisa dicoba sendiri.

CONS: Satu hal yang mengganggu saya adalah CTRL kiri yang terus berkedip ketika menggunakan kabel. Kedipan ini adalah indikator pengisian daya baterai. Walaupun bermanfaat, saya lebih memilih lampu berwarna biasa, tidak perlu berkedip-kedip kecuali memang mengindikasi baterai sudah mau habis.

Saya akan akhiri review dan panduan modifikasi sederhana ini dengan beberapa sound test – audio only – dengan berbagai macam profil keycap dan switch sehingga bisa mendengarkan perbedaan suara yang ada. Apakah mirip? Apakah beda? Saya rekam dengan mic Rode NT-mini dan tanpa edit.

Gateron Yellow KS-9 SA Maxkey Berserk
Gateron Yellow KS-3×47 MT3 Cyber
Gateron Yellow KS-3×47 Original Sades OEM Keycap


Semoga panduan sederhana ini membantu Anda yang ingin memodifikasi Sades Kunai.

Anda boleh membagikan artikel ini secara bebas ke teman-teman yang ingin Anda ajak masuk ke hobby ini. Jika masih ada pertanyaan atau hal-hal yang perlu dijelaskan lebih lanjut, silakan bertanya langsung.

KEEB GETTING BETTER!
Inge Santoso (bukan Om, Bang, Mas, Ko, Pak…tetapi Bu, Mbak, Ci, Tante, Miss)

Resources:
Harap mampir ke KEEB Sukoharjo bila ingin mengganti switch atau stabiliser, membeli perlengkapan lubing atau aksesoris lain untuk modifikasi.

Review video CTID

Published by Inge Santoso

I am a Public Speaker, Traveler and Meditator, and now Mechanical Keyboard Enthusiasts

Leave a comment