REVIEW dan PANDUAN MODIFIKASI SADES TENKA SK-871

Setelah memasarkan SADES KUNAI di bulan Desember 2021, di awal tahun 2022, SADES meluncurkan SADES TENKA SK-871, 71-keys Mechanical Gaming Keyboard.

Saya mendapat kiriman review unit ini beberapa hari yang lalu. Saya langsung bermain-main, bongkar-bongkar dan modifikasi untuk memaksimalkan potensi dari keyboard yang diluncurkan pada tanggal 14 Januari 2022 dengan harga Rp 525.000.

UNBOXING

Di bagian belakang dus ada beberapa informasi tentang SADES TENKA:
– Layout : 71-keys
– Connection: Detachable Type-C Cable
– Full Anti-Ghosting Keys
– dst.
Anda bisa baca sendiri spesifikasi dan manual yang disertakan ketika membeli mechanical keyboard ini.

Di dalam dus ada manual SADES TENKA SK-871 dalam Bahasa Inggris. Mungkin SADES memang sedang suka budaya Jepang karena manualnya juga mengikuti buku Jepang, urutan bacanya dari halaman kanan ke halaman kiri. Sedangkan dari bisikan SADES, nama “TENKA” diambil dari “Tenka Goten”. Saya iseng menerjemahkan dengan Google Translate, artinya penambahan, lanjutan, terusan.

Walaupun dibawakan keycap puller dan switch puller, saya anjurkan segera singkirkan kedua barang ini karena keycap puller berpotensi untuk menggores keycap, sedangkan switch puller berpotensi bikin tangan sakit dan housing switch rusak. Beli 2-in-1 keycap dan switch puller untuk jangka panjang kalau Anda suka otak-atik keyboard Anda.

Anda juga mendapatkan kabel USB Type A to Type C untuk menghubungkan keyboard dengan PC atau Notebook Anda. SADES TENKA hanya menggunakan koneksi kabel, cocok untuk para gamer yang suka mengeluh dengan koneksi nirkabel.

CASING

Ketika saya menunjukkan SADES TENKA ini ke sesama teman hobi mechanical keyboard, ada yang komentar, “Seperti tahu sutra.”

Bagi Anda yang bingung apa hubungan keyboard dengan tahu, salah satu case custom mechanical keyboard yang paling populer adalah KBDFans Tofu. Case TENKA ini bentuknya agak seperti Tofu, tapi karena warnanya putih dan ujungnya tidak tajam, maka lebih cocok disebut tahu sutra.

Berhubung case sudah tinggi dan kemiringannya cukup, saya rasa ini cocok dengan rubber feet yang rata. Mungkin bagi beberapa orang, akan lebih nyaman bila menggunakan wrist rest ketika menggunakan keyboard ini.

Sebelah kiri SADES KUNAI, sebelah kanan SADES TENKA

STABILISER

Stabiliser bawaan SADES TENKA ini pada kaki stem masih ada hook dan wire kering. Akibatnya…Anda pasti sudah bisa tebak, RRRRR….RATTLE! Untuk yang ukuran 2U masih tidak terlalu parah, tetapi SPACEBAR, “crek ecrek, crek ecrek-ecrek”

Sound test SADES TENKA original, direkam dengan Samsung Note 9

SWITCH

Switch bawaan dari SADES TENKA adalah Outemu Box Switch. Jika dilihat dari box, ada pilihan Outemu Box Red atau Outemu Box Brown. Kebetulan saya mendapatkan yang Outemu Box Red, 3 pin dan SMD LED compatible. Switch yang SMD LED compatible, biasanya ada lubang untuk lampu LED yang menonjol.

HOTSWAP 3 PIN/ 5 PIN

Ketika saya ditawari untuk review unit, hal pertama yang saya tanyakan adalah, “Apakah hotswap?”
Dijawab, “Ya, hotswap Outemu.”

Terus terang saya langsung agak lemas karena saya cukup trauma modifikasi Outemu Hotswap yang notabene sangat susah untuk melepaskan switch.

Saya pernah diminta untuk melepas Outemu switch dari keyboard full layout dan itu sampai keringat mengucur bagai air terjun Grojogan Sewu. Tangan dan jari-jari sakit semua, angkat pakai 2 switch puller, atas bawah dan kanan kiri. Sudah begitu, masih ada beberapa housing pecah.

Ketika mau mencabut switch dari SADES TENKA, saya sudah siap-siap mengerahkan tenaga semaksimal mungkin. Pasang kuda-kuda, tarik switch sepenuh tenaga, eeiiitts, switch copot sampai terlempar ke ranjang. Ternyata saya SALAH DUGA! Untuk menarik switch ini, sama sekali tidak perlu tenaga karena BUKAN hotswap dengan socket Outemu.

TENKA menggunakan Kailh hotswap socket dan support 3 pin/ 5 pin, hanya saja ada LED yang menonjol, membuat keyboard ini tidak universal hotswap.

Ketika ingin mengganti switch, pastikan switch yang akan dipasang SMD LED compatible.

Salah satu keuntungannya adalah RGB lighting dari SADES TENKA ini memang terang sekali. Bagi pecinta RGB, ini bisa menjadi kelebihan, tapi bagi saya pecinta gonta-ganti switch, ini jadi cons.

MODIFIKASI

Ingat, MODIFIKASI bisa MENGHANGUSKAN GARANSI. Jadi pertimbangkan baik-baik sebelum Anda melakukan modifikasi apa pun.

CASE FOAM dan PLATE FOAM

Untuk melepaskan plate dan PCB dari case, Anda butuh melepaskan 8 buah baut. Hati-hati ketika memutarnya karena stand off terbuat dari plastik dan jika Anda sering buka tutup, kemungkinan lama-lama akan aus.

Case sangat berongga sehingga untuk mengurangi suara kosong, saya menggunakan silicon sheet 2 mm 2 lapis dan eva foam 2 mm, 2 lapis. Total sudah 4 lapis dengan ketinggian 8 mm, tapi masih belum menyentuh PCB. Saya sudah memberikan ukuran lebarnya untuk memudahkan Anda memotong eva foam, di bagian tengah itu semua 17 mm, sedangkan baris paling atas dan bawah itu 18 mm.

Saya juga memasang plate foam di antara plate dan PCB supaya suara bisa lebih padat lagi.

STABILISER
Modifikasi yang paling membuat perbedaan bagi SADES TENKA adalah membereskan rattle pada stabiliser.

Untuk penjelasan lebih dalam cara membereskan rattle, silakan ke artikel saya “Solusi Rattle Pada Mechanical Keyboard Stabilizer”

Kali ini saya menggunakan JWK/Durock Panda Stabiliser yang sudah dilube dengan Krytox 205g0 pada housing, stem dan wire. Saya tidak melakukan holee mod atau menggunakan permatex pada wire.

Saya menemukan satu problem besar ketika memasang stabiliser, lubang stabiliser pada plate ternyata sempit dan bahkan ada yang potongannya tidak rapi, yaitu di bagian ENTER. Ketika saya coba memaksa memasukkan housing stab ke lubang, ada ujung yang terkelupas dan belum berhasil masuk juga. Akhirnya saya amplas housing stab dengan amplas grit 1000 dan berhasil masuk.

Saya memilih mengamplas housing stab daripada plate karena lebih mudah dan murah kalau tidak berhasil.

Jika nanti Anda berniat untuk mengganti dengan stabiliser yang ada di market place, pastikan bisa terpasang dan housing masuk dengan sempurna. Anda sudah pasti tidak perlu band aid mod. Begini aja sudah sesak, apalagi pakai band aid.

KEYCAP

Keycap bawaan SADES TENKA tertulis double injection ABS Keycap dengan profil OEM. Saya cukup suka keycap ini karena legend-nya termasuk bersih, tidak seruwet Sades Kunai.

Apabila ingin mengganti keycap dengan set yang lain, Anda perlu perhatikan tiga keys, Pause, PgUp dan PgDn. Kalau Anda beli keycap set yang tidak lengkap, mungkin tidak akan menemukan profil yang cocok untuk 3 tuts ini, apalagi PAUSE karena PAUSE seringkali berada di R1, sedangkan di sini berada di R3.

Kalau ingin aman, Anda bisa mengganti dengan profil yang rata seperti XDA, DSA, atau sejenisnya.

Karena PCB TENKA masih North Facing PCB, maka sebaiknya menghindari keycap Cherry profile sehingga tidak mengalami interference, yaitu housing switch menabrak keycap, terutama di R3, baris CapsLock, ASDF dan seterusnya.

Kali ini saya mencoba menggunakan spacebar dari kayu yang saya dapat dari Mitra Guna. Ada engraving “Anicca” yang artinya impermanence, ketidak-kekalan. Segala sesuatu yang berkondisi, berubah, tidak kekal. Ini mengingatkan bahwa keyboard-keyboard yang saya cintai ini tidak kekal, bisa berubah, suatu saat bisa bosan, bisa rusak.

AUDIO SOUND TEST

SADES TENKA
Plate foam 3mm, case foam (silicone sheet 4mm, eva foam 4mm)
Switch: Gateron CAP Yellow v2 stock (kecuali di bagian yang ada stabiliser, lubed dengan Krytox 205g0) Stabiliser: JWK/Durock Panda lubed dengan Krytox 205g0 seluruhnya
Keycap: bawaan dengan spacebar dari kayu (Mitra Guna)
Deskmat: Shanshui
Direkam dengan Mic Rode NT mini

SOFTWARE
Saya belum mencoba software untuk remapping dan fungsi-fungsi lainnya. Semoga nanti saya bisa update panduan ini sehingga semakin lengkap dan membantu Anda.

PENUTUP
Demikian review dan panduan modifikasi sederhana SADES TENKA. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin beli atau memodifikasi.

Anda boleh membagikan artikel ini secara bebas ke teman-teman yang ingin Anda ajak masuk ke hobby ini. Jika masih ada pertanyaan atau hal-hal yang perlu dijelaskan lebih lanjut, silakan bertanya langsung.

Terima kasih kepada SADES yang sudah memberi kesempatan bagi saya untuk review dan memodifikasi SADES TENKA.

KEEB GETTING BETTER!

Inge Santoso (bukan Om, Bang, Mas, Ko, Pak…tetapi Bu, Mbak, Ci, Tante, Miss)
Follow IG @keebmechanicalkeyboard

Resources:
Harap mampir ke KEEB Sukoharjo bila ingin mengganti switch atau stabiliser, membeli perlengkapan lubing atau aksesoris lain untuk modifikasi.

Published by Inge Santoso

I am a Public Speaker, Traveler and Meditator, and now Mechanical Keyboard Enthusiasts

Leave a comment